9 Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari!

Maret 24, 2016 A+ a-


Blogger yang masih pemula emang rentan dan mudah terpengaruhi dengan hal-hal yang ada di internet.


Baca tips gini.., diikutin, ada tips gitu.. diikutin. Dan gitulah.


Blogger yang masih pemula mungkin bakal mencoba segala cara supaya Blog bisa lebih dikenal orang banyak. Ada yang promosi di sosmed, ada yang pasang iklan di Blog lain, ada juga yang ngelakuin tindakan yang justru bikin Blognya ga berkualitas.


Contohnya Spam, kalian pasti ga asingkan dengan yang namanya Spam.


Spam ini maksudnya adalah mempromosikan atau membagikan suatu hal dengan berlebihan ke semua orang, bahkan ke orang yang dia  ga kenal, supaya bisa mempromosikan 'produk' yang dimilikinya.


Udah pasti Spam ini sangat mengganggu orang lain. Jadi kalian harus menghindari cara Spamming ini.


Selain Spam, masih ada beberapa hal juga yang sering dilakukan Blogger pemula, padahal hal-hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan dan lebih baik dihindari, yaitu :



9 Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari!

Langsung aja dari yang pertama...

1. Bingung milih Template 

Banyak Blogger pemula yang sering stuck dibagian pemilihan template. Termasuk Saya. 

Jaman-jaman awal ngeblog dulu, Saya paling bimbang dalam memilih template. 

Dapet template yang bagus, navigasi menunya ga responsive. Dapet yang responsive, ga ada breadcrumbs nya. Dapet yang ada breadcrumbsnya, ternyata templatenya lambat. Dan masih banyak masalah lainya. 

Termasuk pas bikin Newbiegger ini, Saya sempat gunta-ganti template sebelum akhirnya memilih template yang Saya pakai ini. 

Jadi biar kalian ga ribet gunta-ganti template terus, mending kalian cari aja template yang memenuhi syarat-syarat yang sudah Saya bahas di postingan yang ini 5 Hal Diperlukan Blog agar Lebih SEO

2. Terlalu fokus SEO 

Sebenernya ga ada salahnya sih kalo Blogger mengutamakan SEO. Itu sama sekali ga salah.

"Terus salahnya dimana?"


Salahnya begini, karna SEO artinya Search Engine Optimization, berarti kalian mengutanakan untuk membuat Blog atau artikel disukai Search Engine (robot). Sehingga akhirnya kalian lupa untuk membuat Blog atau artikel yang disukai manusia (pengunjung). 


Memang kalau kalian mengutamakan SEO Blog kalian akan cepat masuk di halaman pertama pencarian, tapi kalo ternyata artikel kalian itu ga disukai 'manusia', mungkin hanya sedikit pengunjung yang  mau baca Blog kalian. 

Jadi usahakanlah membuat artikel yang disukai pengunjung dulu dan kalau respon dari pengunjung sudah baik, barulah kalian lakukan trik-trik SEO yang tersebar di internet. 

Kalian bisa mnegikuti langkah-langkah cara menulis artikel yang bagus pada artikel 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Artikel!

3. Terlalu sering posting 

Sama ini juga ga ada salahnya kalau dilakukan. 

Yang salah adalah jika kalian keseringan posting padahal Blog kalian masih baru. 

Kalo Blog kalian masih baru, otomatis masih sedikit pengunjung atau orang yang tau keberadaan Blog kalian. Jadi percuma aja kalian ngeposting banyak artikel tapi yang bacanya sedikit. 

Itu cuman bakal bikin kalian cepet bosen ngeblog. 

Dan akhirnya berhenti tanpa hasil. 

Kalau Saya menyarankan untuk memposting 3 artikel per minggu untuk Blogger yang masih baru. Biar kalian ga cepet bosen ngeblog, dan pengunjung juga bisa mendapatkan beberapa pilihan artikel untuk dibaca. 

4. Ngeblog demi uang 

Kalian pasti seringkan membaca berita tentang orang-orang yang sukses menjadi Blogger. 

Entah itu Blog pribadi, atau Blog jualan (online shop). 

Dan berita-berita itu banyak mempengaruhi orang yang membacanya untuk mulai ngeblog. Termasuk Saya. Mungkin kalian juga... 

"Apa hal ini salah?"


Lagi-lagi hal ini tidaklah salah. JIKA kalian adalah Blogger yang sudah berpengalaman. 


Tapi kalo kalian adalah Blogger yang masih baru, jangan langsung menargetkan uang. 

Karna kalo kalian baru aja ngeblog tapi udah mikirin uang, kalian malah bakal gampang bosen.

"Kenapa?"


Umpamakan begini, Chelsea adalah orang yang berniat untuk menghasilkan uang dari Blog. Padahal Blognya baru dibikin kemarin. Dan setelah dia ngeblog 3 bulan dan menghasilkan banyak postingan, dia belum bisa menghasilkan uang dari Blognya tersebut.
"Apa yang terjadi selanjutnya?"

Chelsea pasti kecewa dan akhirnya memutuskan untuk berhenti ngeblog. 


Jadi jika kalian masih baru dalam dunia Blog, jangan jadikan 'Blogger' sebagai profesi. Tapi jadikanlah 'Blogger' sebagai hobi. Dan kalau kalian udah merasa bisa menghasilkan uang dari Blog, barulah kalian bisa menjadikan 'Blogger' sebagai profesi. 

Sekedar informasi dan motivasi, Mas Sugeng dari sugeng.id pernah menulis di Blognya jika ia baru bisa menghasilkan uang dari Blog setelah 2 TAHUN ngeblog. Bayangkan.., betapa sabarnya dia... 

Dan kalo misalnya dia menyerah sebelum 2 tahun itu, mungkin Blognya ga akan sebesar dan seterkenal sekarang. 

Jadi jangan mudah menyerah! 

5. Ngebandingin Blog sendiri dengan Blog orang lain 

Ini adalah salah satu faktor yang sering bikin Blogger pemula putus asa. 

Memang ga masalah kalo kalian membandingkan Blog kalian dengan Blog orang lain yang Blognya setara dengan Blog kalian. 

Tapi yang jadi masalah kalo kalian membandingkan Blog kalian dengan Blog orang lain yang Blognya lebih sukses dari kalian. Padahal Blog yang lebih sukses itu memang karna dia sudah lebih lama ngeblog dibandingkan kalian. 

Hal ini justru bikin kalian gampang kecewa, putus asa, atau kalau bahasa kerenya gampang nge-down

Ingat kalian ga perlu iri kalo liat Blog orang lain lebih sukses dari Blog kalian. Karna bisa aja Blog mereka itu melakukan trik Black Hat, atau mungkin mereka memang sudah lebih lebih lama ngeblog daripada kalian. 

Kalian cuman harus fokus untuk membuat Blog kalian lebih baik dan lebih baik. 

6. Menulis artikel asal-asalan 

Yang ini cukup sering dilakukan Blogger pemula. 

Karna cuman mentingin Pageview, mereka sering aja bikin artikel yang asal-asalan. Intinya mereka cuman pengen pengunjung mampir doang, mereka ga peduli artikelnya mau dibaca atau engga. 

Saya juga pernah nemuin Blog tentang Download game. Dan disalah satu artikelnya, cuman nyantumim gambar gamenya, link download, dan deskrpisi 1 BARIS. Ini adalah salah satu ciri Blogger yang bener-bener ga berkualitas. 

Kalo kalian males untuk nulis artikel yang bagus, mending kalian ga usah ngeblog aja. 

Tapi kalau kalian mau nyoba membuat artikel yang disukai pengunjung maupun Google, usahakanlah membuat artikel yang memenuhi 7 hal yang Saya bahas di Cara Membuat Artikel yang Disukai Google dan Pengunjung

7. Ngambil gambar sembarangan dari Google 

Ada jutaan jenis gambar yang tersebar di Google. Gambar apapun yang kalian cari, pasti ada di Google. 

Tapi kalian ga tau kan dari jutaan gambar di Google itu, banyak yang memilik hak cipta.

"Hak cipta itu apaan?"


Hak cipta atau mungkin kalian lebih akrab dengan Copyright © , adalah sebuah perlindungan terhadap suatu karya baik film, lagu, dan sebagainya supaya tidak dipakai atau diakui oleh orang-orang yang tidak bertanggun jawab. Atau lebih sederhananya lagi, hak cipta digunakan untuk menghindari plagiarisme. 


Jadi kalo kalian ngambil gambar dari Google dan ternyata gambar itu dilindungi hak cipta, kalian bisa aja dituntut oleh si pemilik gambar. Atau mungkin bisa aja Blog kalian yang menerima sanksinya. 

Jadi Saya sarankan lebih baik kalian membuat gambar kalian sendiri. Gambar-gambar tersebut bisa berua : 

A. Gambar Thumbnail 

Gunakan Software Editting seperti Photoshop atau GIMP 2. Tapi kalo kalian masih awam dalam hal seperti ini, Saya sarankan gunakan GIMP 2. Selain karna gratis, Software ini juga lebih mudah dipakai. 

B. Gambar Screenshot 

Gunakan software seperti Snipping Tools, Screen Capture Lite, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk mencantumkan nama Blog kalian di Screenshot tersebut supaya gambar kalian ga bisa dicuri orang lain. 

8. Tidak melakukan riset keyword 

Ini adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan Blogger pemula. Termasuk Saya. 

Saya paling males kalo harus melakukan riset keyword. Selain karna ribet, Saya juga ga terlalu ngerti untuk pemilihan keyword yang benar.

"Kenapa melakukan riset keyword itu penting?"


Riset keyword ini berguna agar artikel kalian bisa ditemukan orang lain dengan mudah. 


Begini misalnya, Saya membuat artikel berjudul "Cara Ngebuat Blog Paling Gampang Sejagat Raya 2016". Dan setelah Saya coba cari di Google dengan keyword "Cara Ngebuat Blog Gampang Sejagat Raya" Blog Saya berada di urutan pertama  di halaman pertama Google. 

Tapi dalam sebulan tidak ada satu pun pengunjung yang datang. Padahal Blog Saya berada diurutan pertama setelah Saya coba cari.

"Kenapa?"


Begini, meskipun Blog Saya berada diurutan pertama dengan keyword "Cara Ngebuat Blog Gampang Sejagat Raya", tapi orang mana yang mau nyari dengan keyword tersebut. Ga ada orang yang punya niat untuk nyari "cara bikin Blog" dengan menambahkan keyword "sejagat raya". 


Karna inilah mengapa riset keyword itu sangat penting untuk mendapatkan keyword yang tepat dan paling banyak dicari orang-orang. 

Kalian bisa melakukan riset keyword dengan mudah lewat artikel Cara Melakukan Riset Keyword 

9. Melakukan Spam dimana-mana 

Biasanya cara ini dilakukan Blogger pemula untuk mempromosikan Blognya. 

Facebook dan Blog yang sudah terkenal biasanya dijadikan target Spam. 

Padahal cara ini bener-bener dilarang. 

Malahan kalo kalian Spam di Facebook dan ada yang ngelaporin, bisa saja akun Facebook kalian di block. 

Daripada melakukan Spam yang ga jelas kaya gitu, mending kalian melakukan BW atau Blog Walking. BW ini maksudnya saling berkomentar dengan Blog orang lain, dan Saya biasanya melakukanya di grup-grup Blogger Indonesia yang ada di Facebook. 

Cara ini lebih baik daripada kalian melakukan Spam yang bisa mengganggu orang lain. 

Sekarang, setelah kalian membaca 9 kesalahan pemula itu, cobalah untuk menghindari semuanya. Supaya Blog kalian bisa menjadi Blog yang lebih baik dari Blog lainya. 

5 Komentar

Komentar
Unknown
Admin
23 Mei 2016 pukul 04.45 hapus

yoot ini jos sekali gan. artikel yang berkelas. hehe bukannya ngerayu sih gan tapi ini. bisa membuat blogger yang sesat bisa jadi insaf dan kembali kejalan yang benar.. ! tanks gan. sukses

Balas
avatar
Sang Alam
Admin
23 Mei 2016 pukul 22.19 hapus

Mantap infonya gan, point 1 sampai 9 sangat melekat di diri saya. hehehhe
kebeteluan saya mempunyai Blog Download yah meskipun gak panjang2 amat tp setelah saya baca diatas saya harus konsisten dengan artikel yang saya buat meskipun itu cuman download game..

Balas
avatar
Unknown
Admin
18 Juni 2017 pukul 20.32 hapus

Mantap terima kasih informasinya sangat bermanfaat... buat blogger pemula kayak saya...

Balas
avatar

Jangan membuang waktu Anda dengan meminta izin di komentar!