Optimasi On-Page SEO : Mendapatkan Trafik karena Artikel dan Kualitas Blog!

Maret 24, 2016 A+ a-

Belajar Optimisasi SEO On Page


Apa itu On-Page SEO

On-Page SEO (atau kadang juga disebut (SEO On-page) adalah tekhnik optimisasi mesin pencari yang dilakulan atau dipraktekan langsung di Blog kalian. Selain berpengaruh terhadap penilaian dari mesin pencari, SEO On-Page juga dapat mempengaruhi penilaian pengunjung terhadap Blog kalian.



Kalian juga pasti tau kan, 3 hal utama yang sering menjadi pembahasan utama dalam tekhnik SEO, yaitu : 
  • Kecepatan yang cepat 
  • Keaslian dan kelengkapan artikel 
  • Kenyamanan pengunjung saat membaca artikel

Ketiga hal diatas adalah hal yang bener-bener harus diutamakan dalam dunia Blogging. Karna kalo ketiga hal diatas tidak dimaksimalkan dalam Blog kalian, maka bakalan susah bagi kalian buat mendapatkan pengunjung yang loyal.

Dan sekarang Saya akan memberikan beberapa tips SEO On-Page yang dapat memperbaiki dan memaksimalkan ketiga hal utama diatas. Dan tenang aja, tips-tips yang akan Saya bahas ini trik White Hat SEO jadi aman dan tidak berlebihan. Langsung aja baca tips-tips berikut :

7 Tips On-Page SEO yang Bisa Memaksimalkan Blog Kalian!

Mulai dari yang pertama...

1. Menulis artikel sepanjang mungkin! (Coba 600 kata) 

Pengunjung sangat suka Blog yang membahas suatu hal secara rinci dan lengkap. Dan pengunjung akan menyimpulkan kelengkapan artikel kalian dengan melihat panjang artikelnya.

Saat pengunjung 'mampir' ke salah satu artikel kalian, dan melihat artikel yang panjang, si pengunjung itu pun akan langsung menyimpulkan bahwa Blog kalian membahas suatu hal dengan sangat lengkap.

Sehingga pengunjung akan mudah untuk mengingat Blog kalian. 
Dan jika ada banyak pengunjung yang menyukai Blog kalian, otomatis Google atau mesin pencari pun akan suka juga dengan Blog kalian.

Dan sebagai permulaan, kalian bisa mencoba untuk membuat artikel setidaknya 600 kata atau lebih. Dan kembangkanlah terus selama kalian masih ngeblog.

2. Menggunakan Ragam Meta Tags

Ada banyak jenis Meta Tag yang bisa kalian temukan di Internet. Tapi yang harus paling diutamakan adalah Meta Description. Dalam definisi Saya, Meta Description adalah kalimat pendek yang dapat mendeskripsikan isi dari postingan atau Blog kalian.

Meta Description ini merupakan salah satu Meta Tag yang sangat penting dalam dunia SEO, karna nantinya Meta Description inilah yang bakalan muncul di hasil pencarian Google, dan juga saat kalian mempostingnya di Social Media. Dalam artikel kalian bisa menambahkan deskripsi dikotak Deskripsi Penelusuran atau Search Description.


Seperti ini contoh Meta Description :






Jadi tips dari Saya adalah :



Buat Meta Description pada Blog maupun artikel kalian semenarik mungkin agar orang yang membacanya menjadi tertarik untuk berkunjung ke Blog kalian!


3. Menggunakan Link yang Simpel dan Mudah Diingat 

Kalian pasti seringkan melihat berbagai macam Link atau URL pada Blog-Blog yang ada di internet. Ada yang panjang dan ada yang pendek, ada simpel dan ada yang rumit.

Kebanyakan orang yang baru pertama kali bikin Blog pasti akan memikirkan adress Blog menggunakan bahasa inggris yang terdengar keren. Padahal, sebuah Link sebaiknya dibuat sesimpel mungkin supaya lebih mudah diingat. 


Misalkan ada pengunjung yang datang ke Blog kalian, dan si pengunjung itu merasa senang atas apa yang dia baca di Blog kalian tersebut.


Tapi karna address Blog kalian terlalu rumit, si pengunjung menjadi kesulitan saat ingin mencari Blog kalian kembali. Dan hal ini sangat disayangkan bila benar-benar terjadi. 


Tapi bukan cuma Link Blog saja yang harus dibuat simpel, tapi Link pada artikel pun harus dibuat simpel supaya lebih mudah diingat. Dalam hal ini kalian bisa menggunakan Custom Permalink atau Tautan Permanen Khusus. Dan pastikan 3 kata pertama pada Link tersebut dapat mewakili isi artikle kalian. 


Misal, "namablog.blogspot.com/2016/11/belajar-seo-onpage.html" dan jangan sampai terpotong menjadi "namablog.blogspot.com/2016/11/belajar-seo-on.html"



4. Pasang Internal dan juga External Link 

Masih membahas tentang Link, yaitu Internal dan juga External Link.

"Apa itu Internal dan External Link?"


Internal Link adalah Link yang dipasang di Blog kalian baik didalam artikel maupun di navigasi menu yang mengarahkan kehalaman lain dalam Blog kalian, entah itu halaman artikel atau halaman statis. Makin banyak Internal Link yang kalian pasang, makin besar juga kemungkinan pengunjung dapat 'berkeliling' di Blog kalian. Tapi Saya sarankan jangan terlalu memasang banyak Internal Link pada artikel, pasang saja Internal Link secukupnya. 


External Link adalah kebalikan dari Internal Link, yaitu Link yang mengarah ke Blog atau Website lainya. External Link ini bisa berupa Web sumber informasi, Web yang dijadikan contoh, dan lain sebagainya. Sama seperti Internal Link, jangan pasang External Link secara berlebihan, pasang saja seperlunya. 



5. Gunakan Template Blog yang Cepat dan Responsive 

Sudah beberapa kali Saya membahas tentang template Blog. Tapi disini Saya akan mempersingkatnya saja. 

Ada banyak template Blogger yang bisa kalian pilih di internet. Tapi untuk memilih template yang tepat, kalian hanya perlu memastikan template tersebut memenuhi hal-hal penting dibawah ini : 

  • Breadcrumbs 
  • Kecepatan yang cepat (sudah bagus bila lebih dari 80 pada PageSpeed
  • Responsive atau Mobile Friendly 
  • Nyaman dilihat dan mudah dibaca

 Jika Template kalian sudah memenuhi hal-hal diatas, berarti template tersebut sudah cocok untuk digunakan di Blog kalian.



6. Melakukan Optimisasi Sederhana pada Gambar

Gambar sudah menjadi elemen yang hampir wajib ada disetiap artikel, entah itu untuk memberikan informasi, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Banyak Blogger yang sering mengabaikan trik optimisasi gambar terutama yang masih pemula, padahal optimisasi gambar ini diperlukan dan bener-bener penting agar Blog bisa menjadi lebih baik dan disenangi pengunjung.

Sebenernya Saya sudah pernah memposting tips-tips untuk meng-optimisasi gambar di artikel, jadi kalau kalian mau tau gimana caranya, kalian bisa membaca postingan 5 Langkah Optimisasi Gambar 



7. Meletakan Kata Kunci (keyword) di Tempat Berikut 


Kata kunci atau keyword memang merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum memposting artikel. Itulah kenapa melakukan riset keyword juga sangat penting. Tapi memang banyak juga Blogger yang males untuk melakukan riset keyword.

Nah, sekarang balik lagi ke topik. Dan sebelum kalian menempatkan keywordnya, sebaiknya kalian melakukan riset keyword terlebih dahulu agar bisa mendapatkan keyword yang tepat. Kalian bisa membacanya diartikel Belajar Cara Melakukan Riset Keyword


Jika kalian sudah menemukan keyword yang tepat, sekarang kalian perlu memasang keyword tersebut di : 

  • Judul artikel 
  • Paragraf pertama 
  • Paragraf terakhir 
  • Permalink (tautan) artikel 
  • Alt dan title tag pada gambar


Dan sisanya bisa kalian tentukan sendiri. Tapi jangan terlalu banyak karna bisa mengganggu pengunjung.

Sepertinya itu saja yang bisa Saya bagikan dipostingan ini. Tapi selain hal-hal yang Saya bahas diatas, mungkin masih banyak hal lainnya yang dapat dilakukan juga untuk membuat Blog kalian lebih baik lagi.

Jangan membuang waktu Anda dengan meminta izin di komentar!